Friday 25 September 2015

KULIAH PERTAMA - pengertian, tujuan dan manfaat mempelajari ilmu alamiah dasar

1. Pengertian.
Ilmu Alamiah Dasar dapat diartikan sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (natural science) yang mengkaji tentang gejala–gejala dalam alam semesta sehingga terbentuklah konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep–konsep dan prinsip–prinsip dasar yang bersifat esensial, contohnya seperti Biologi, Fisika, dan Kimia, ketiga ilmu tersebut juga memiliki turunan lagi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan disiplin ilmu yang dapat berubah sesuai kemajuan peradaban manusia. Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006:V) “Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi” yang pembahasannya mencakup pengenalan IPA dan ruang lingkupnya, perkembangan teknologi dan dampaknya, serta hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia.
2. Tujuan Intruksional Umum mempelajari.
Agar peserta didik dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam, adapun tujuan mempelajari Ilmu Alamiah Dasar dalam Instruksional Khusus adalah agar dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia, dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap “rahasia ingin tahu” nya, serta dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.
Tujuan dari ilmu alamiah dasar itu sendiri adalah memberikan konsep dan gambaran mengenai ilmu pengetahuan alam kepada para mahasiswa supaya mereka mengenal dan lebih mengetahui tentang alam semesta ini dan menjadikannya dasar untuk bijak dalam mentaati perintah sang pencipta dan meninggalkan yang dilarang olehNya.
3. Manfaat mempalajari Ilmu Alamiah Dasar
Sejumlah manfaat mempelajari Ilmu Alamiah Dasar antara lain
a. Mengenal perilaku lebih dalam tentang dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja. Dengan memahami karakter seseorang lebih dalam akan membuat seseorang menjadi tahu sifat yang ada di dalamnya itu, dan bukan luarnya saja. Karena memahami karakter seseorang itu jangan hanya dari luar saja, akan tetapi dari dalam juga. Sehingga dalam bergaulpun akan luwes.
b. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup. Manusia merupakan makhluk sosial, yang berarti manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain.
c. Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia lain. Dalam bergaul haruslah menjaga sikap dan sifat kita agar terjalinnya hubungan yang harmonis.
d. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakan oleh Allah.
e. Mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya.
f. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku. Sebagai pempimpin bangsa, harusnya tercipta sifat jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Dia harus bertanggung jawab atas janji-janjinya sebagai pemimpin. Dan selalu melihat keadaan rakyatnya, baik kalangan atas maupun kalangan bawah.
g. Dapat menciptakan sifat kebudayaan yang universal dan dinamis.
Ilmu alamiah dasar memberikan dasar yang kokoh bagi para mahasiswa atau manusia terdidik pada umumnya untuk menjadikan mereka sendiri sebagai manusia yang berpengetahuan luas, sehingga mereka dapat menjalani kehidupan dengan baik, sejahtera dan berguna bagi lingkungannya, masyarakat, bangsa dan negara. Ilmu alamiah dasar memperikan kenyataan bahwa semua yang ada di alam ini mempunyai ukuran-ukuran. Ukuran-ukuran itu dapat berwujud fisik, psikologis, bilogis, mikrobiologis, sosiologis, ekonomis dan teknologis. Ukuran-ukuran ini penting diketahui oleh para calon manajer agar mereka berhasil dalam mengelola diri mereka sendiri, mengelola sumberdaya alam, mengelola keluarga, mengelola masyarakat dan mengelola wilayah hingga mengelola negara dan negara-negara.
Referensi : http://anggunendras.blogspot.com/2011/10/tugas-ilmu-alamiah dasar.html http://mayadeviamalia.blogspot.com/2013/04/tujuan-mempelajari-ilmu-alamiah-dasar.html

3 comments:

  1. Mau dapat keuntungan lebih besar dari permainan paling seru?
    Daftar sekarang juga di situs poker online terbaik dan terpercaya di Indonesia! Modal murah Menang Mudah! Klik link dibawah ini :

    www.jurusqiu.info
    www.ahlikiu.co
    www.mdominoqq.co
    www.campion99.com

    Dapatkan bonus menarik dari situs judi online pilihan terbaik kami! Menang banyak bonus nya juga banyak! Daftar sekarang juga..

    ReplyDelete
  2. Setelah mempelajari IAD,ISD,IBD, sebutkan 3 hal yang sangat bermanfaat bagi seorang guru beri contohnya masing-masing satu

    ReplyDelete